All for Joomla All for Webmasters

Marhaban Ya Romadhon

Marhaban-Yaa-Ramadhan.jpg

Kala didesa dulu apabila menjelang Romadhon bersuka ria.sedangkan masyarakat Tani baru usai panen raya padi.Dalam hari dibulan Romadhon musim “Pembakaran jerami “di sawah dan lahan sawah sedang dipersiapkan untuk tanam palawija.

Tafsir Romadhon bagi petani “Membakar “jerami menjelang tanam palawija,berbeda dengan tafsir para dai/mubaligh.” Membakar Dosa “memperbanyak amalan yang baik-baik supaya diampuni segala kesalahan kita.

Dalam masyarakat dunia industri sekarangsekarang ini Romadhon sepertinya mempunyai makna “Membakar semangat “perbanyak produksi,kendalikan harga,pengaruhi pasar dengan banjir iklan industry.pangan,pakaian ,parfum,industry angkutan,penerbangan,Bus,Keretaapi,kapal laut termasuk industry.

Artis,penceramah,periklanan,dst sebagai satu kesempatan dalam satu tahun sekali melubernya uang dipasar.Masyarakat industry merefleksikan kegembiraanya dalam bentuk pemanfaatan emosional spiritualnya ritual keagamaan sebagai ajang pasar produknya.

memang begitulah kenyataanya,kita maklumi saja adanya toh kita juga sedang dalam lingkar kehidupan seperti itu.tidak usah risau dan malu…………..

Selanjutnya apa makna Romadhon…yang bisa lebih dekat dengan maksud Alloh melalui Firmanya….didalam Romadhon ada peristiwa yang tidak mungkin lagi akan ada peristiwa yang sama setelahnya sampai jagat raya ini porakporanda kiamat……”Nuzulul Qur’an”turunya satu kehendak sang maha pencipta ,penggagas jagad raya ini dalam bentuk Firman…….

Guiden,pandangan hidup paradigma, sampai yang bersifat tehnis,terjelaskan yang sangat rinci.Sungguh bulan Romadhon akan lebih dekat jikalau dimaknai dengan “Pembakaran “cara pandang,paradigma, dalam pengelolaan pranata hidup dan kehidupan.sekiranya masing-masing memaknai secara benar sesuai kaidah yang sudah baku .selamat menjalankan ibadah Romadhon………1437 H.

Bagikan

PinIt
submit to reddit

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Top